Langsung ke konten utama

Teknik Closing

Ada banyak teknik untuk menutup penjualan atau close the sale Teknik Closing Teknik Closing
Teknik Closing
Ada banyak teknik untuk menutup penjualan atau close the sale

Pertama-tama kita mencari calon pembeli yang potensial yang biasa disebut prospek. Lalu kita mencoba membuat janji temu dengannya. Setelah bertemu, jangan pribadi membicarakan produk kita terlebih dahulu. Berbincang-bincanglah dahulu.

Dalam perbincangan dengan prospek, kita menggali kebutuhan dan keinginan prospek. Tahap selanjutnya ialah membuat suatu presentasi yang sesuai dengan profil sang prospek. Setelah itu kita sanggup menjawab beberapa pertanyaan dan keberatan yang timbul.
Dan jadinya melakukan penutupan penjualan atau biasa disebut closing.

Memang, ini bukanlah tahapan penjualan yang paling akhir. Masih ada tahap after sales service dan pengelolaan keluhan. Kita juga harus meminta referal bila pembeli puas dengan pelayanan kita.

Namun, tahap yang paling menentukan ialah tahap penutupan ini. Dan saya akan berbagi beberapa tehnik closing yang telah teruji dan terbukti berhasil yang sanggup diterapkan oleh para wiraniaga atau tenaga penjual:

1. Tanpa Meminta.
Inilah tehnik closing yang paling hebat. Kita sebagai sales hanya diam dan menunggu sang prospek memberikan ingin membeli produk kita. Tehnik ini membutuhkan produk yang mengundang kekaguman, presentasi yang luar biasa, dan reputasi yang memukau.
Calon pembeli malah mengular dalam antrian. Caranya: buat produk yang berkualitas tinggi dan terkenal. Ciptakan marketing sapi ungu yang sensasional. Seperti fenomena iPhone oleh Steve Jobs.

2. Tanyakan Saja.
Setelah kita memberikan presentasi, lihatlah apakah prospek peduli dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Lalu kita jawab semua pertanyaannya dengan baik. Setelah itu, sewajarnyalah kita bertanya balik apakah sang prospek berminat membeli produk kita.
Ini ialah tehnik alamiah yang sanggup terjadi bila presentasi dan sesi tanya-jawab kita berlangsung dengan sukses. Bisa juga menggunakan orang lain untuk meminta pembelian kepada prospek, contohnya pegawai dari pelayanan pelanggan (customer service) yang sanggup datang membawa formulir pemesanan sesudah kita selesai presentasi.
Atau meminta sumbangan atasan, ibarat tehnik yang selanjutnya berikut ini;

3. Lewat Atasan.
Kita sanggup meminta sumbangan orang lain, atasan kita misalnya. Untuk hadir sesudah kita memberikan semua materi presentasi dan menjawab segala pertanyaan dari prospek.
Contoh yang terbaik adalah; prospek sanggup melihat kita mencoba memperjuangkannya dengan meminta diskon kepada sang manajer, kemudian kita kembali padanya dan memintanya untuk membeli sesudah kita sukses menerima diskon ‘khusus’ untuknya dari sang manajer.
Atau kita sanggup minta tolong kepada para pelanggan kita sebelumnya. Bisa lewat testimonial atau pernyataan bahwa mereka puas dengan membeli dari kita. Bahkan calon pelanggan lain sanggup kita manfaatkan sebagai bukti bahwa produk kita laris diantri oleh banyak prospek.
Nyatakan produk kita memiliki banyak pelanggan yang telah puas dan memiliki banyak prospek lain yang tertarik untuk membeli. Buktikan jika produk kita memang produk yang laris dan terpercaya oleh banyak orang.

4. Memberikan Pilihan.
Berikan beberapa pilihan bila memungkinkan, tapi jangan terlalu banyak. Cukup dua atau tiga saja. Misalnya pilihan pertama lebih hemat namun dengan fitur yang dikurangi, pilihan kedua dengan cara bayar yang lebih fleksibel dengan embel-embel fitur, dll.
Berikan rasa iktikad diri pada prospek bahwa ini pilihannya bukan lantaran termakan rayuan sang penjual. Tidak ada orang yang ingin merasa menjadi korban. Biarkan prospek merasa berwenang atas keputusan pembeliannya.
Dengan perasaan otoritatif, ia akan merasa tidak terpaksa dan bersedia membeli dari keinginannya (pilihannya) sendiri. Kombinasikan tehnik ini dengan memberikan batasan waktu jika perlu, beri deadline kapan pilihannya tersedia sampai masa berakhirnya.

5. Menetapkan Batas Waktu.
Kita tak perlu memaksakan penjualan terjadi sesudah presentasi. Kasih waktu kepada prospek untuk berpikir. Bahkan berlakulah mirip kita menolak bila prospek ingin membeli hari ini juga, dengan syarat jika prospek tampak ragu-ragu dan belum terlalu yakin mau membeli. Bahkan terlihat ingin menolak.

Pastikan bahwa prospek kita memang cenderung ragu dan terlihat ingin menolak. Minta waktu bertemu lagi di masa depan, beberapa hari dari sekarang. Berikan jangka waktu juga sampai kapan penawarannya berlaku. Batasi masa berlaku promosi ibarat diskon atau beritahukan rencana kenaikan harga, minggu depan misalnya.

Asumsikan bahwa prospek baiklah untuk membeli di masa depan dan ceritakan keuntungan serta juga kekurangan dari produk kita. Bangunlah dahulu iktikad dengan memberikan presentasi yang fair. Tapi kelebihan yang dimiliki produk kita sanggup menutupi kekurangan yang ada. Dan jangan kalah oleh produk para pesaing. Lalu biarkan prospek membanding-bandingkan produk kita dengan pesaing itu. Beri waktu.

Sumber https://3i-networksupdate.blogspot.com/

Postingan populer dari blog ini

Jakarta

Lokasi CABANG JAKARTA UTARA (AGENCY MANDIRI) - Jakarta Hybrida Raya PF 18 No. 9 Kelapa Gading Jakarta Utara Phone : (62 021) - 4534596 / 4534597 Fax : (62 021) - 4534598 CABANG DEPOK (AGENCY MANDIRI) - Jakarta Depok Town Square Lt. 2 Blok SS-28 No. 3 Jl. Margonda Raya No.1 Pondok Cina Depok 16421 Phone : (62 021) - 29502251 Fax : (62 021) - 29502251 CABANG JAKARTA BARAT (AGENCY MANDIRI) - Jakarta Jl. Roa Malaka Selatan No. 11 B-C Jakarta Barat 11230 Phone : (62 021) - 6906108 Fax : (62 021) - 6906107 Cabang Jakarta Pusat - Jakarta Komp. Duta Merlin Blok A No. 6-7 Jl. Gajah Mada No. 3-5 Jakarta Pusat 10130 Phone : (62 021) - 6338512 (Hunting) Fax : (62 021) - 6346972 / 6310669 / 6308038 CABANG JAKARTA PUSAT - Jakarta Komp Duta Merlin Blok A No. 6-7 Lantai 2 Jl. Gajah Mada No. 3-5 Jakarta Pusat 10130 Phone : (62 021) - 6338512 (Hunting) Fax : (62 021) - 6346972 / 6310669 / 6308038 Daftar Website Sponsor Anda, Silahkan Daftar melalui webs...

Tangerang

Lokasi 3i-Networks Tangerang CABANG TANGERANG (AGENCY MANDIRI) - Tangerang Ruko Boulevard Blok A/23 BSD Serpong - Tangerang Phone : (62 021) - 53158005 Fax : (62 021) - 53158006 CABANG TANGERANG - Tangerang Ruko Bolsena Blok D-2 Gading Serpong - Tangerang 15810 Phone : (62 021) - 29670005 / 33185529 Fax : (62 021) - 29670006 Untuk Daftar 3i-Networks Area Tangerang Silahkan Klik 3i-Networks Serpong Tangerang Atau Hubungi: Bpk Dudi Hermawan WA 85285335977 Bpk Utar Muhayat WA 087776692069 ARMAN WA 085285335977 Setelah Mendaftar maka Anda akan dibuatkan Website Landing Page 3i-Networks dan Produk Digital serta Web Replika 3i-Networks Support Sistem 3iTeam Unity. Sumber https://3i-networksupdate.blogspot.com/

Cara Daftar 3i Networks di Cilegon

Cara Daftar 3i Networks di Cilegon 3i Networks Cilegon Panduan Cara Daftar   Peluang Usaha Bisnis 3i Networks, CAR 3i-Networks, C ilegon ,  Cibeber, Citangkil, Ciwandan, Gerogol, Jombang, Pulo Merak, Purwakarta, Kota Cilegon, Banten Download Aplikasi 3i Networks Mobiss Klik Disini Download Aplikasi CAR Mobile SPAJ atau Klik Disini Setelah 2 Aplikasi tersebut Anda Download dan Install, Langkah selanjutnya untuk sanggup Akses dan Login ke Aplikasi 3i Networks CAR dan CAR Mobile SPAJ, Anda harus mempunyai Kode ID Member dan Kode Akses serta Passwordnya, Untuk Mendapatkan Kode ID Member 3i-Networks dan Kode Aksesnya silahkan pribadi Klik Icon atau Gambar WhatsApp ( Daftar Sekarang ) dan Anda akan dipandu langkah demi langkah. Transfer sebesar Rp 50.000,00 ke Rekening Sponsor Anda untuk Pendaftaran dengan rincian sbb: Pembelian Staterkit Online Rp 50.000,- Tabungan / Premi Pertama Rp 350.000,- (Langsung Anda yang menyetor sesudah data kam...